Cara mempertahankan 4 pilar kebangsaan

Sebagai Siswa :
  1. Tidak membenci pelajaran yang berkaitan dengan kewarganegaraan (kalau sejak dini sudah menmbencinya, bisa - bisa terbawa hingga dewasa dan menjadi pribadi yangsuka mennyimpang dan tidak peduli dengan negaranya)
  2. Tidak bersikap acuh tak acuh terhadap isu politik nasional (dengan demikian anda dapat mengerti tentang isu politik nasional dan bisa menyiapkan solusi dikemudian hari)
  3. Tidak mendiskriminasi teman yang minoritas (untuk mengamalkan semboyan "Bhinneka Tunggal Ika")
  4. tanamkan sikap nasionalisme kepada diri anda (untuk lebih peduli terhadap keadaan negara)
  5. Terus berprestasi dan berusaha menggapai cita - cita (untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik)
Sebagai Orang tua :
  1. Memperkenalkan hal - hal yang berkaitan dengan kewarganegaraan kepada anak sedini mungkin (agar terbentuk sifat nasionalisme dari sang anak sejak kecil)
  2. Memperkenalkan norma - norma yang berlaku di masyarakat (agar sang anak tidak keluar dari jalur norma yang berlaku, dan agar menjadi pribadi yang lebih baik nantinya)
  3. Memberi contoh teladan yang baik (tentu saja seorang anak akan meniru kedua orang tuanyanya, maka berikanlah contoh yang baik kepada anak - anak anda)
  4. Menciptakan suasana yang hangat dan nyaman dalam keluarga (kalau anak merasa nyaman di dikeluarga, merka tidak akan takut untuk curhat, yang akhirnya dapat mencegah adanya penyimpangan)
  5. Turut mengawasi anak - anak dari perbuatan yang melenceng dari norma dan 4 pilar kebangsaan (kalau anak dibiarkan tanpa pengawasan, bisa saja anak tersebut menjadi pribadi yang tidak baik)
  6. Tidak memaksakan kehendak kepada anak (kebanyakan anak tidak suka dipaksa, lakukanlah pendekatan - pendekatan dahulu sambil menanamkan pemikiran anda)
Sebagai Guru :
  1. Menyisipkan nilai - nilai budaya dan 4 pilar kebangsaan dalam setiap pengajaran yang diberikan (hal ini penting untuk membentuk karakter siswa)
  2. Mengenalkan siswa dengan norma - norna yang berlaku di sekolah (agar sang anak tidak keluar dari jalur norma yang berlaku, dan agar menjadi pribadi yang lebih baik nantinya)
  3. Menjadi contoh yang baik bagi siswanya (guru sebagai panutan hendaknya menjadi contoh yang baik kepada murid - muridnya)
  4. Bersifat ramah, sabar, dan rendah hati saat mengajar (guru yang tidak ramah atau bahkan suka marah - marah akan menimbulkan dampak psikis bagi muridnya, akhirnya dapat menjadikan anak tersebut pribadi yang tidak baik dan suka melakukan penyimpangan)
Kembali ke "4 Pilar Kebangsaan"


Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimasih. :)

Ditulis Oleh : Unknown ~moreless thing to share

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara mempertahankan 4 pilar kebangsaan yang ditulis oleh moreless thing to share yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 12.51

0 komentar:

Posting Komentar

cari di blog ini :

Diberdayakan oleh Blogger.

Free Daily Bitcoin

Free Daily Bitcoin

Follow me