Landasan Hubungan Internasional

Landasan menurut kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai alas, dasar, atau tumpuan. Maka "Landasan Hukum Internasional" bisa diartikan sebagai dasar - dasar terbentuknya hubungan internasionalLandasan hukum hubungan internasional antara lain :


a. Pembukaan UUD 1945 Alinea Keempat yang berbunyi "... ikut melaksanakan

ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial".
b. Pasal-pasal dalam Piagam PBB. Pasal 1 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyatakan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.
1) PBB menciptakan perdamaian dan keamanan internasional serta berusaha mencegah timbulnya bahaya yang mengancam perdamaian dan keamanan.
2) PBB mengembangkan persahabatan antarbangsa atas dasar persamaan dan hak menentukan nasib sendiri, dalam rangka perdamaian dunia.
3) PBB mengembangkan kerja sama internasional dalam rangka memecahkan persoalan - persoalan ekonomi, sosial budaya, kemanusiaan, serta menghormati hak-hak asasi manusia tanpa membeda-bedakan suku, jenis kelamin, bahasa, dan agama.
4) PBB menjadi pusat penyelesaian-penyelesaian masalah internasional.
c. Perjanjian internasional (traktat/treaty) adalah suatu persetujuan yang dinyatakan secara formal antar dua negara atau lebih mengenai penetapan serta ketentuan tentang hak dan kewajiban masing - masing pihak, kemudian pihak-pihak tersebut terikat oleh kesepakatan, baik pada masa damai maupun masa perang. Pada umumnya, traktat ditaati oleh pihak-pihak yang berkepentingan karena adanya asas pacta sunt servanda (persetujuan antarnegara harus dihormati).
d. Deklarasi Hukum Laut Intemasional. Indonesia sejak 13 Desember 1957 memperjuangkan Deklarasi Juanda yang menyatakan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia dibatasi oleh garis lurus dengan jarak 12 mil dari garis pangkal lurus yang ditarik dari titik terluar puiau-pulau terluar sebagai laut teritorial. Deklarasi ini diakui PBB pada tanggal 10 Desember 1982 dan disahkan oleh pemerintah Indonesia dengan Undang-Undang No. 17 Tahun 1985 tentang Hukurn laut.

Untuk kembali ke peta konsep, klik link ini
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimasih. :)

Ditulis Oleh : Unknown ~moreless thing to share

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Landasan Hubungan Internasional yang ditulis oleh moreless thing to share yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 03.10

0 komentar:

Posting Komentar

cari di blog ini :

Diberdayakan oleh Blogger.

Free Daily Bitcoin

Free Daily Bitcoin

Follow me