Definisi Hubungan Internasional

Menurut Hugo de Groat (Bapak Hukum Internasional), "hukum dan hubungan internasional didasarkan pada kemauan bebas dan persetujuan dari beberapa atau semua negara. Tujuannya untuk kepentingan bersama dari mereka yang menyatukan diri di dalam satu ikatan dan sederajat."


Berikut pengertian hubungan internasional menurut beberapa ahli.


  1. Tygve Nathiessen, Hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen - komponen hubungan internasional meliputi politik internasionalorganisasi, dan administrasi internasionai, dan hukum internasional.
  2. Kenneth W.Thompson, Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antarbangsa beserta kondisi-kondisi dan institusi - institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.
  3. Trygive Mathisen, Hubungan internasional merupakan semua aspek internasional dari kehidupan sosial umat manusia, dalam arti semua tingkah laku manusia yang terjadi atau berasal dari suatu negara dapat mempengaruhi tingkah laku manusia di negara lain.
  4. Couloumbis dan Wolfe, Hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena - fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel - variabel dasar untuk menjelaskan prilaku serta mengungkapkan karakteristik - karakteristik atau tipe - tipe hubungan antar unit-unit sosial.
  5. Mochtar Kusumaatmadja, Hubungan internasional merupakan hubungan antarbangsa dan berkembang pula kebiasaan-kebiasaan atau peraturan-peraturan hukum yang merupakan kesepakatan bersama.
  6. Warsito Sunaryo, Hubungan intemasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan - kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisa diartikan sebagai negara, bangsa, maupun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional.
  7. Drs. R. Soeprapto, Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat rnanusia.
  8. Drs. Suwardi Wiraatmadja, M.A, Hubungan internasional lebih luas daripada politik internasional. Politik internasional membahas keadaan atau soal-soal politik di masyarakat internasional dalam arti sempit, menitikberatkan pada diplomasi dan hubungan antarbangsa serta satuan politik lainnya. Adapun hubungan internasional lebih sesuai Untuk mencakup segala macam hubungan antarbangsa dan kelompok - kelompok bangsa dalam masyarakat dunia. 
Untuk kembali ke peta konsep, klik link ini
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimasih. :)

Ditulis Oleh : Unknown ~moreless thing to share

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Definisi Hubungan Internasional yang ditulis oleh moreless thing to share yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 03.02

0 komentar:

Posting Komentar

cari di blog ini :

Diberdayakan oleh Blogger.

Free Daily Bitcoin

Free Daily Bitcoin

Follow me