Sarana Hubungan Internasional

Sarana menurut kamus besar bahasa Indonesia diartikan sebagai segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan. Maka "Sarana Hubungan Internasional" bisa diartikan sebagai alat - alat yang digunakan suatu tujuan di dalam hubungan internasionalSarana-sarana hubungan internasional sebagai berikut :

a. Diplomasi 
Diplomasi adalah proses komunikasi antarpelaku politik intemasional dan instrumen untuk mencapai tujuan kebijakan politik luar negeri suatu negara. Dalam membina hubungan, intemasional diperlukan adanya taktik dan prosedur tertentu diperlukan agar kepentingan nasional suatu negara dapat diperjuangkan dalam hubungannya dengan negara lain. Inilah yang merupakan inti diplomasi. Dalam arti luas, diplomasi meliputi seluruh kegiatan politik luar negeri. Kegiatan tersebut melalui cara-cara sebagai berikut.
1) Menentukan tujuan dengan menggunakan semua daya dan tenaga dalam mencapai tujuan tersebut. 
2) Menyesuaikan kepentingan bangsa lain dengan kapentingan nasional sesuai dengan tenaga dan daya yang ada. 
3) Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan kepentingan negara lain.
4) Menggunakan sarana dan kesempatan yang ada dengan sebaik - baiknya. Pada umumnya dalam menjalankan tugas diplomasi antarbangsa, setiap negara menggunakan sarana diplomasi ajakan, konferensi, dan menunjukkan kekuatan militer dan ekonomi.
b. Negosiasi 
Negosiasi adalah suatu upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi antara dua negara tanpa melibatkan pihak ketiga. Perundingan yang diadakan dalam rangka perjanjian bilateral disebut "talk", sedangkan dalam rangka perjanjian unilateral disebut "diplomatic conference". Selain secara resmi, ada juga perundingan yang tidak resmi yang disebut "corridor talk".
c. Lobi
Lobi merupakan kegiatan politik yang dilakukan untuk memengaruhi negara tertentu sehingga pandangan atau kepentingan suatu negara dapat tersampaikan.

Untuk kembali ke peta konsep, klik link ini
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terimasih. :)

Ditulis Oleh : Unknown ~moreless thing to share

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Sarana Hubungan Internasional yang ditulis oleh moreless thing to share yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 04.15

0 komentar:

Posting Komentar

cari di blog ini :

Diberdayakan oleh Blogger.

Free Daily Bitcoin

Free Daily Bitcoin

Follow me